Minggu, 10 Juni 2012

Daftar Peserta PLPG PAI

Diberitahukan kepada peserta Sertifikasi PAI tahun 2012, bahwa pelaksanaan PLPG Angkatan 1 dimulai tanggal 18 - 25 Juni 2012. Untuk lebih jelasnya bisa KLIK DISINI

Jumat, 01 Juni 2012

STANDAR KOMPETENSI BACA TULIS AL-QUR’AN


STANDAR KOMPETENSI BACA TULIS AL-QUR’AN
PADA SEKOLAH DASAR

Oleh : Rizal Maulana

A.    Pengertian
Secara bahasa, kompetensi (competency) berarti kemampuan atau kecakapan. Adapun secara istilah, kompetensi artinya seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya.
Dengan demikian kompetensi Baca Tulis Al-Qur’an yang dimaksud dalam buku panduan ini adalah seperangkat kemampuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh peserta didik di Sekolah Dasar dalam membaca dan menulis Al-Qur’an.
B.     Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Baca Tulis Al-Qur’an terdiri dari standar kompetensi dan kompetensi dasar. Standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran. Sedangkan kompetensi dasar ialah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) aspek Al-Qur’an di Sekolah Dasar adalah sebagai berikut:
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan
1.1  Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2  Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
6.1  Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2  Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3  Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar

Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Menghafal Al Qur’an

1.1  Mengenal huruf Hijaiyah
1.2  Mengenal tanda baca (harakat)
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
6.1  Membaca huruf hijaiyah bersambung
6.2  Menulis huruf hijaiyah bersambung





Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an
1.1  Membaca kalimat dalam Al Qur’an
1.2  Menulis kalimat dalam Al Qur’an
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5. Mengenal ayat-ayat Al Qur’an
5.1  Membaca huruf  Al Qur’an
5.2  Menulis huruf Al Qur’an

Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Membaca surat-surat Al Qur’an
1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6.  Membaca surat-surat Al Qur’an
6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar

Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mengartikan  Al Qur’an surat pendek pilihan
1.1    Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2    Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan
6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil

Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan
1.1  Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2  Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6.  Mengartikan Al Quran Ayat-ayat pilihan
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13


Berdasarkan SK dan KD di atas, besarnya porsi membaca dalam SK hanya 25%. Sedangkan dalam KD, porsi membaca sebesar 46% dan menulis sebesar 12%. Fakta ini menunjukkan bahwa aspek membaca dan menulis Al-Qur’an dalam Standar Isi sangatlah minim. Oleh karena itu perlu pengembangan SK dan KD agar jumlah porsi membaca dan menulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar proporsional dan dianggap efektif dalam mencapai target yang ditentukan.
Hasil dari pengembangan SK dan KD tersebut adalah sebagai berikut:
KLS
SMT
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
I
1
1.      Mengenal huruf-huruf dalam Al-Qur’an
1.1.Membaca huruf-huruf tunggal berharokat fatah
1.2.Menebalkan huruf hijaiyah
2
2.    Mengenal huruf-huruf  dalam Al-Qur’an
2.1.Membaca makhraj huruf yang berdekatan
2.2.Meniru huruf hijaiyah
II
1
3.   Mengenal huruf-huruf dalam Al-Qur’an
3.1. Membaca huruf hijaiyah bersambung
3.2. Menyambung huruf hijaiyah
2
4.   Mengenal huruf dan kata-kata dalam Al-Qur’an
4.1.Membaca huruf hijaiyah bersambung
4.2.Menulis kata-kata pilihan dalam
Al-Qur’an
III
1
5.  Mengenal ayat-ayat Al-Qur’an
5.1. Membaca bacaan pendek dan panjang dari fatah yang diikuti alif dan fatah berdiri
5.2. Menulis kalimat sederhana (1 ayat) dalam Al-Qur’an
2
6.  Mengenal ayat-ayat Al-Qur’an
6.1. Membaca tanda baca kasrah, fatah, dan sukun dalam kalimat Al-Qur’an
6.2. Menulis kalimat sederhana (2 ayat atau lebih) dalam Al-Qur’an
IV
1
7.  Mengenal surat dalam Al-Qur’an
7.1. Membaca bacaan tanwin, ya sukun, wau sukun, mim sukun, nun sukun, qolqolah, dan huruf-huruf lainnya yang berharokat sukun
7.2. Membaca QS. Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
7.3. Menulis satu surat pendek
2
8.   Mengenal surat dalam Al-Qur’an
8.1. Membaca bacaan idzhar
8.2. Membaca QS. Al-Kautsar, An-Nashr, Al-‘Ashr
8.3. Menulis satu surat yang agak panjang
V
1
9.   Mengenal surat dalam Al-Qur’an
9.1. Membaca Al-Qur’an yang terdapat hukum alif lam, tanda waqof, dan mad far’i
9.2. Membaca QS. Al-Lahab dan Al-Kafirun
9.3. Menulis surat yang panjang
2
10.   Mengenal surat dalam Al-Qur’an
10.1.Membaca AAl-Qur’an yang mengandung hukum   idgham dan lapadz jalalah
10.2.Membaca QS. Al-Ma’un dan Al-Fiil
10.3.Menulis surat yang panjang
VI
1
11.   Mengenal surat dalam Al-Qur’an
11.1.Membaca Al-Qur’an yang mengandung hukum  Iqlab
11.2.Membaca QS. Al-Qadr dan Al-‘Alaq ayat 1-5
11.3.Menulis surat yang panjang
2
12.   Mengenal surat dalam Al-Qur’an
12.1. Membaca huruf-huruf dalam fawatihussuwar
12.2. Membaca QS. Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
12.3. Menulis surat yang panjang

            Sebagai upaya kelengkapan dan kesempurnaan kemampuan membaca dan menulis peserta didik yang sudah menamatkan seluruh standar kompetensi dan kompetensi dasar, maka kemampuan menghapal pun perlu diperhatikan, sehingga ketika peserta didik tamat SD, mereka mampu membaca, menulis, dan menghapal Al-Qur’an, terutama hapalan surat-surat yang termasuk SK dan KD di atas, antara lain surat: Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Kautsar, Al-‘Ashr, An-Nashr, Al-Lahab, Al-Kafirun, Al-Ma’un, Al-Fil, Al-Qadr, Al-‘Alaq, Al-Maidah ayat 3, dan Al-Hujurat ayat 13. Surat-surat yang dihapalkan tersebut merupakan target surat-surat minimal yang harus dikuasai peserta didik. Sekolah bisa membuat kebijakan tertentu, yakni surat-surat yang harus dihapal peserta didik bukan hanya yang ada pada SK dan KD di atas, tetapi ditambah jumlahnya, terutama surat-surat yang ada dalam juz 30 (juz amma).

Disosialisasikan pada kegiatan “Workshop Tuntas BTQ”  di Grya Astoeti Puncak, tanggal 15 Mei 2012.