ANALISIS
KESULITAN DALAM IMPLEMENTASI KTSP
OLEH
PESERTA DIKLAT GURU SD
DI
HOTEL PITALOKA BATU
NO
|
ASPEK
|
KONDISI RIIL
|
KONDISI IDEAL
|
STRATEGI TINDAKAN
|
1
|
FASILITAS
|
-
Fasilitas
praktek tidak memadai
-
Buku-buku
penunjang tidak ada, karena tidak memiliki perpustakaan.
|
-
Memiliki
mushalla,
alat
shalat,
tempat
wudhu’,
- Tersedianya buku cerita dan buku bacaan yang ada
hubungannya dengan mata pelajaran.
|
-
Menjalin
kerjasama dengan tokoh masyarakat untuk bisa menggunakan mushalla atau masjid
terdekat.
-
Mengajukan
proposal bantuan kepada pemerintah
|
2
|
PBM dan EVALUASI
HASIL BELAJAR
|
-
kemampuan guru dalam penguasaan metode dan pembuatan
media/model dalam PBM sangat kurang.
-
Hasil evaluasi dibawah KKM
-
Tidak semuanya guru melakukan pengayaan
|
- Guru menggunakan
metode yang bervariasi dan media yang sesuai dengan materi ajar
Hasil evaluasi
meningkat bahkan diatas KKM
Guru melakukan pengayaan
|
-
Perlu adanya pembinaan terhadap kompetensi guru tentang
penguasaan metode dan pembuatan media pembelajaran
- Diadakan
pendekatan secara personal antara murid yang bermasalah dengan guru.
- Supervisi kepala sekolah
|
NO
|
ASPEK
|
KONDISI RIIL
|
KONDISI IDEAL
|
STRATEGI TINDAKAN
|
3
|
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
|
-
Adanya
guru yang banyak dan jumlah rombel yang sedikit
|
-
Jumlah
guru yang dibutuhkan dan jumlah rombel yang diajar selaras dan sesuai
kebutuhan
|
-
Adanya
pemerataan guru yang dilakukan oleh pemerintah daerah
|
4
|
MENENTUKAN MULOK (MUATAN LOKAL
|
-
BTQ
(Baca Tulis Qur’an)
-
Bahasa jepang
-
Bahasa mandarin
-
Ruang TIK kuarng standard dengan ukuran 7x7
Ruang Musik
piano 3 x 6
|
-
Tersedianya
Al Qur’an, Iqra’ yang cukup serta buku-buku yang menunjang
-
Adanya lab bahasa
-
Raung TIK yang terstandar 10X4
-
Adanya ruang bengkel seni
-
Ruang piano dengan ukuran 7x9
|
-
Membekali guru PAI dengan pelatihan baca tulis Al
Qur’an
-
Mengajukan ke Yayasan UM Lab Bahasa
-
Mengajukan ke Yayasan UM Lab Untuk menggunakan lab IPA karena ruang ipa
dobel
-
Mengajukan ke Yayasan UM Lab menambah
|
5
|
IMPLEMENTASI
PENGEMBANGAN DIRI
|
-
Masih minimnya minat siswa dalam belajar menulis
kaligrafi
-
Minimnya siswa mengikuti kegiatan keagamaan (remus)
|
-
Tersedianya wadah bagi siswa – siswi yang berminat
mempelajari kaligrafi.
|
-
Memberi fasilitas yang memadai untuk kelompok kaligrafi
|
NO
|
ASPEK
|
KONDISI RIIL
|
KONDISI IDIAL
|
STRATEGI TINDAKAN
|
6
|
KETENAGAAN
|
-
Jumlah
tenaga pengajar kurang mencukupi
-
Tidak
sesuainya antara tenaga pengajar dengan disiplin ilmunya
-
Kurangnya staf TU
|
-
1guru
memegang 1 bidang studi
-
Guru
mengajar sesuai dengan disiplin ilmunya
-
TU
tidak boleh merangkap sebagai tenaga pengajar
|
-
Sekolah
menambah tenaga pengajar sesuai kebutuhannya
-
Membuka
peluang untuk tenaga pengajar sesuai dengan disiplin ilmunya
-
Menambah
staf TU
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar