Sabtu, 07 April 2012

ANALISIS KESULITAN MAPEL PAI DALAM IMPLEMENTASI KTSP


ANALISIS KESULITAN DALAM IMPLEMENTASI KTSP
OLEH PESERTA DIKLAT GURU SD
DI HOTEL PITALOKA BATU
NO
ASPEK
KONDISI RIIL
KONDISI IDEAL
STRATEGI TINDAKAN
1
FASILITAS
-      Fasilitas praktek tidak memadai



-      Buku-buku penunjang tidak ada, karena tidak memiliki perpustakaan.
-  Memiliki mushalla,
alat shalat,
tempat wudhu’,



- Tersedianya buku cerita dan buku bacaan yang ada hubungannya dengan mata pelajaran.
-      Menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat untuk bisa menggunakan mushalla atau masjid terdekat.

-      Mengajukan proposal bantuan kepada pemerintah

2
PBM dan EVALUASI HASIL BELAJAR
-      kemampuan guru dalam penguasaan metode dan pembuatan media/model dalam PBM sangat kurang.



-      Hasil evaluasi dibawah KKM




-      Tidak semuanya guru melakukan pengayaan


-  Guru menggunakan metode yang bervariasi dan media yang sesuai dengan materi ajar






Hasil evaluasi meningkat bahkan diatas KKM



Guru melakukan pengayaan


-      Perlu adanya pembinaan terhadap kompetensi guru tentang penguasaan metode dan pembuatan media pembelajaran


- Diadakan pendekatan secara personal antara murid yang bermasalah dengan guru.
-  Supervisi kepala sekolah





NO
ASPEK
KONDISI RIIL
KONDISI IDEAL
STRATEGI TINDAKAN
3
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
-      Adanya guru yang banyak dan jumlah rombel yang sedikit

-      Jumlah guru yang dibutuhkan dan jumlah rombel yang diajar selaras dan sesuai kebutuhan

-      Adanya pemerataan guru yang dilakukan oleh pemerintah daerah
4
MENENTUKAN MULOK (MUATAN LOKAL
-      BTQ (Baca Tulis Qur’an)



-      Bahasa jepang
-      Bahasa mandarin
-      Ruang TIK kuarng standard dengan ukuran 7x7
Ruang Musik piano 3 x 6
-      Tersedianya Al Qur’an, Iqra’ yang cukup serta buku-buku yang menunjang
-      Adanya lab bahasa
-      Raung TIK yang terstandar 10X4
-      Adanya ruang  bengkel seni
-      Ruang piano dengan ukuran 7x9

-      Membekali guru PAI dengan pelatihan baca tulis Al Qur’an
-      Mengajukan ke Yayasan UM Lab Bahasa
-      Mengajukan ke Yayasan UM Lab Untuk menggunakan lab IPA karena ruang ipa dobel
-      Mengajukan ke Yayasan UM Lab menambah 

5
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DIRI
-      Masih minimnya minat siswa dalam belajar menulis kaligrafi
-      Minimnya siswa mengikuti kegiatan keagamaan (remus)
-      Tersedianya wadah bagi siswa – siswi yang berminat mempelajari kaligrafi.

 
-      Memberi fasilitas yang memadai untuk kelompok kaligrafi


NO
ASPEK
KONDISI RIIL
KONDISI IDIAL
STRATEGI TINDAKAN
6
KETENAGAAN
-      Jumlah tenaga pengajar kurang mencukupi
-      Tidak sesuainya antara tenaga pengajar dengan disiplin ilmunya
-      Kurangnya staf TU
-      1guru memegang 1 bidang studi
-      Guru mengajar sesuai dengan disiplin ilmunya
-      TU tidak boleh merangkap sebagai tenaga pengajar
-      Sekolah menambah tenaga pengajar sesuai kebutuhannya
-      Membuka peluang untuk tenaga pengajar sesuai dengan disiplin ilmunya
-      Menambah staf TU





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar