Sabtu, 07 April 2012

ANALISIS KESULITAN (PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP) DALAM IMPLEMENTASI KTSP


ANALISIS KESULITAN DALAM IMPLEMENTASI KTSP
( PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP )

PENYUSUNAN INDIKATOR
SS
CS
TS
PENYEBAB
SOLUSI
-      Sesuai dengan satuan pendidikan (visi, misi, dan tujuan sekolah)





-      Sesuai dengan potensi daerah





-      Sesuai dengan karakterisitik siswa





-      Mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan





-      Menggunakan kata operasional yang dapat diukur / observasi









PERUMUSAN PENGALAMAN BELAJAR
SS
CS
TS
PENYEBAB
SOLUSI
-      Melibatkan proses mental dan fisik





-      Memungkinkan interaksi antar peserta didik, guru, lingkungan dan sumber belajar lain





-      Pendekatan pembelajaran bervariasi dan berpusat pada peserta didik





-      Memuat kecakapan yang perlu dikuasai





-      Berurutan untuk mencapai KD





-      Sesuai dengan hirarki konsep materi pembelajaran





-      Minimal mengandung dua unsur penciri yang berkaitan dengan kegiatan siswa dan materi









PENYUSUNAN TUJUAN
SS
CS
TS
PENYEBAB
SOLUSI
-      Sesuai dengan satuan pendidikan (Visi, misi, dan tujuan sekolah)



v


-      Sesuai dengan potensi daerah





-      Sesuai dengan karakteristik siswa





-      Mencakup ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap





-      Menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur diobservasi







Tidak ada komentar:

Posting Komentar