ANALISIS KESULITAN DALAM IMPLEMENTASI KTSP
( PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP )
PENYUSUNAN INDIKATOR
|
SS
|
CS
|
TS
|
PENYEBAB
|
SOLUSI
|
-
Sesuai dengan satuan pendidikan (visi, misi, dan tujuan
sekolah)
|
|
|
|
|
|
-
Sesuai dengan potensi daerah
|
|
|
|
|
|
-
Sesuai dengan karakterisitik siswa
|
|
|
|
|
|
-
Mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan
|
|
|
|
|
|
-
Menggunakan kata operasional yang dapat diukur /
observasi
|
|
|
|
|
|
PERUMUSAN PENGALAMAN BELAJAR
|
SS
|
CS
|
TS
|
PENYEBAB
|
SOLUSI
|
-
Melibatkan proses mental dan fisik
|
|
|
|
|
|
-
Memungkinkan interaksi antar peserta didik, guru,
lingkungan dan sumber belajar lain
|
|
|
|
|
|
-
Pendekatan pembelajaran bervariasi dan berpusat
pada peserta didik
|
|
|
|
|
|
-
Memuat kecakapan yang perlu dikuasai
|
|
|
|
|
|
-
Berurutan untuk mencapai KD
|
|
|
|
|
|
-
Sesuai dengan hirarki konsep materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Minimal mengandung dua unsur penciri yang berkaitan
dengan kegiatan siswa dan materi
|
|
|
|
|
|
PENYUSUNAN TUJUAN
|
SS
|
CS
|
TS
|
PENYEBAB
|
SOLUSI
|
-
Sesuai dengan satuan pendidikan (Visi, misi, dan tujuan
sekolah)
|
|
|
v
|
|
|
-
Sesuai dengan potensi daerah
|
|
|
|
|
|
-
Sesuai dengan karakteristik siswa
|
|
|
|
|
|
-
Mencakup ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap
|
|
|
|
|
|
-
Menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur
diobservasi
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar